Teks

Silahkan membaca sesuka hati dengan tidak menjiplak hasil karya orang lain : )

Senin, 24 Oktober 2016

Pengalaman Cari Kerja

Perjuangan mencari pekerjaan memang tidaklah mudah untuk para Fresh graduate termasuk aku. Apalagi di masa ini persaingan semakin ketat dan tentunya membuat job seeker harus memiliki nilai jual yang dibutuhkan perusahaan berdasarkan keahlian yang dimiliki.
Kali ini aku mau share pengalaman mencari kerja ku selepas dari masa kuliah ku, yang mungkin bisa memberi inspirasi untuk teman-teman yang saat ini sedang menjadi job seeker. Yuuk langsung ajaaa 
:D

Sebelum lulus kuliah aku sempet menghadiri jobfair di kampus tercinta dan dari situ aku mendapat panggilan interview pertama dari PT Nusa Prima Motor. Interview sudah di jadwalkan tapi aku tidak hadir karena masih kepikiran sama skripsiku yang belum selesai dan lokasi kerja di Ciputat cukup jauh dari rumahku di Cibinong. Yasudah akhirnya aku lepas. Aku tetep yakin setelah lulus nanti pasti akan ada panggilan lagi.

8 September 2015 aku menghadapi ujian sidang skripsiku sebagai langkah akhir ku menimba ilmu di kampus tersayang ini hehe, dan Alhamdulillah Allah SWT menjawab doa ku sehingga aku sangat lancar di siding skripsiku ini. Aku dapat penguji sidang yang super dupeer baik dan ga ada satu pun yang nyudutin aku hihi. Sampai-sampai aku heran sendiri ini lagi sidang atau presentasi biasa di kelas yaa? Haha.

Setelah beberapa jam berlalu akhirnya tiba saat-saat yang sangat menegangkan yaitu pengumuman kelulusan. Dan akhirnya aku dinyatakan LULUSSSSS!!! Air mata terharu menyelimuti perasaan ku dan teman-teman perjuangan dan tak lupa pula aku sujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan padaku. Wisuda ku di jadwalkan tanggal 16 Desember 2015.

Selepas dari eforia kelulusan ku, kini tiba saatnya aku mencari kerja. Duh ini nih pertempuran yang sebenernya. Karena pastinya banyak sekali yang hebat-hebat diluar sana. Aku mulai browsing-browsing cara membuat CV yang bagus dan menarik HRD tentunya. CV yang simple, tetapi berbobot. Akhirnya aku menemukan satu konsep CV yang sepertinya denganku. Buat teman-teman yang mencari ide konsep CV bisa memperhatikan hal-hal dibawah ini :
  1. Pilih Konsep dan design dari CV kamu.
  2. Buatlah CV dengan banyak maksimal 2-3 halaman. Kenapa? Karena biar HRD nya ga bosan ketika baca CV kamu. Buat yang singkat namun menarik yaa guys.
  3. Masukan juga foto, biodata diri dan karakter kamu ke dalam CV yang kiranya dapat menambah nilai plus kalian. Misalnya loyalitas, Responsibility, dll.
  4. Untuk membuat ketertarikan HRD dalam CV cantumkan hal-hal yang pernah kalian capai. bagi yang sudah pernah kerja bisa menceritakan secara garis besar pekerjaan apa yang pernah dijalani. Ini bertujuan untuk memberi gambaran HRD kamu termasuk kriteria yang mereka cari. Namun bagi fresh graduate jangan khawatir, kalian bisa menambahkan pengalaman kursus, organisasi, project yang pernah dilakukan dan prestasi yang pernah dicapai (yang berhubungan dengan bidang yang kalian lamar)

Buat CV kelaaar, dan selanjutnya adalah MELAMAR. Tentunya ini adalah saatnya kamu melihat respon perusahaan apakah tertarik padamu atau tidak. Ibarat cinta, di proses melamar ini kamu bisa dilirik, PHP-in, diabaikan, bisa diterima bisa juga di tolak, intinya kita harus siap mental.  Biasanya melamar kerja ada yang melalui pos, online dari website perusahaan, email, jobfair, maupun memakai media pencari kerja seperti jobstreet, jobs db, job cdc, dll.  Dari pengalamanku semua hal diatas itu sudah pernah aku lakukan. FYI Aku hanya melamar pada bagian jurusanku yaitu area accounting dan finance. 
Gak kehitung berapa lamaran yang udah aku apply tiap harinya. Aku rajin menghadiri jobfair yang diadakan. Mulai di GBK yang sampe kegencet-gencet orang haha, di kampus, sampai di mall-mall juga aku datangi (Sambil ngelamar sambil shoping juga haha). 

Setelah menunggu beberapa waktu nkira-kira ada sekitar 29 perusahaan yang memanggilku. Namun disini aku hanya akan menceritakan perusahaan yang aku datangi untuk interview saja dan Aku bakal ceritain perjalanan ku menghadapi interview dan test ini mulai dari yang buat seneng, sedih, kesel, susah dan yang paling sering ujungnya "PHP". Yaa sepertinya Aku harus terbiasa dengan kata itu sekarang hiks.

  • PT Nexwave - administrasi invoice - Via Jobfair

Lokasi kantor di Tebet. Tapi ternyata aku ga ditanyain apapun soal apapun yang berhubungan dengan administrasi invoice. HRD hanya menyuruh untu mengisi test kepribadian dan ada satu orang dari bagian teknis yang menjelaskan kerjaan disitu sekalian dianya curhat juga sih hehe. Jadi Cuma lebih kaya cerita-cerita aja, sama sekali bukan seperti interview. Aku disuruh nunggu sekita 1 minggu. Setelah satu minggu ga ada kabar yoo wes move on!.
2
  • PT Coca Cola - Finance - Via Jobfair

Sebenarnya waktu pertama kali aku apply disini sudah tertulis good English tapi aku iseng coba-coba saja.  Awalnya aku disuruh isi form lamaran gitu pake bahasa inggris dan setelah proses screening CV. Ternyata eh ternyata Aku dipanggil untuk acara Leadership Group Discussion di Pondok Indah. Jujur saja dengan kemampuan bahasa inggris ku yang ga bagus ini aku sih ragu untuk datang, tapi aku ngerasa akan lebih nyesel kalo aku ga coba kesempatan ini. Waktu disana, dalam sesi LGD sama sekali kita tidak boleh berbicara bahasa Indonesia dan ini benar-benar ngebuat aku jadi pesimis secara inggris aku bulepotan haha. Ngeliat teman-teman yang lain disana fasih bahasa Inggrisnya bahkan ada yang ngomongnya cepet banget kaya kereta wih kereeen hihi. Kita disuruh buat konsep dan mempresentasikan kedepan dan alhasil aku gagal dalam sesi ini karena bahasa Inggrisku yaa pas-pasan hehe. Tapi aku cukup termotivasi untuk bisa berbahasa Inggris sekeren mereka. Selalu ada hikmahnya yaa hehe.
  • PT Bank Woori Saudara - Back Office - Via Jobfair
Lokasi kantor di Sudirman di Menara Energy lt dasar. Aku semangat banget nih untuk dateng kesini karena aku rasa aku sudah cukup menguasai tentang perbankan. Akhirnya aku beranikan diri naik kereta dari stasiun Bojong Gede dan berhenti di Sudirman lalu disambung naik Gojek. Setibanya disana aku kecepetan 1 jam karena aku dapat sms jam 13:00 untuk interview. Akhirnya aku nunggu dulu. Setelah mau jam 13:00 aku masuk ke dalam banknya dan bilang ada jadwal interview. Aku kembali suruh nunggu sama satpamnya. Namun sudah hampir 1 jam aku ga dipanggil untuk interview juga dan aku melihat ada sekitar 6 orang yang sepertinya juga interview duduk di sebrangku. Aku datangi mereka dan bertanya tentang interviewnya. Aku kaget + bingung karena ternyata mereka sudah mulai interview dari jam 08:00 dan ini sudah hampir masuk interview yang terakhir*nahloh. Cuma aku sendiri yang cuma dapet sms suruh dateng jam 13:00. Akhirnta Aku tanya lagi ke satpam tentang sms itu dan satpam pun bertanya kepada HRD. Katanya aku disuruh kembali nunggu. Udah jam 16:00 aku belum juga diinterview dan kali ini aku benar-benar kesal bengeet bangeet dengan ketidakjelasan ini!! Aku konfirmasi lagi dan ternyata sms jam 13:00 itu salah sms jamnya. Semakin kesal dengan ini aku mau pulang sambil nahan rasa kecewa dengan ketidakprofesionalan mereka!! Satpam menahan ku pulang dan HRD nemuin aku janjiin interview setengah 5. Oke aku tunggu untuk terakhir kali, setelah itu aku masuk ke ruangan interview. Disini benar-benar bikin keseeel lagi, selain ngeliat HRD nya yang dengan cara sombong dan dingin untuk interview tanpa rasa bersalah sedikitpun, aku juga malah ditawarin bagian adminsitrasi marketing. WHAAT??! Ya ampuuun... dia bilang bagian back office Cuma untuk cowo. Terus kenapa aku dipanggil??? Dan ternyata CV ku juga ga ada disitu. Rasa kesal, kecewa, sedih dan juga lapar aku rasakan, aku terpaksa pulang dengan tangan hampa dan melanjutkan naik kereta yang sama sekali aku ga bisa duduk sampai tiba ke stasiun rumah ku. Mama ku yang menjempuku di dekat stasiun terus menanyakan bagaimana interviewnya dan aku tidak sanggup menceritakan apa yang aku alami hari ini padanya dengan berlinang air mata. Makasih banget loh Bank Woori Saudara :')
  •       PT Alfamart – Accounting – Via Jobstreet

Lokasi di Cileungsi. Aku pergi test bersama teman dekatku sewaktu kuliah. Aku kurang persiapan untu mengikuti test ini, dari berkas yang tidak lengkap, tidak ada persiapan psikotest sampai konsentrasi yang tidak full (plisss jangan ditiru yaah). Langkah pertama dari test ini adalah psikotest. Dengan kondisi pikiran yang acak-acakan aku berusaha tetap mengerjakan test ini sampai selesai dengan waktu yang sangat cepat. Jujur saja jika tidak terbiasa dengan soal psikotest ini akan membuat kita merasa kaget dan lama mengerjakannya. Maka pada tahap ini banyak sekali yang gugur dan salah satunya adalah aku. Sebenernya psikotest ini bisa berhasil asalkan kita terbiasa dengan pola-pola soalnya dan tentu semuanya harus dalam kondisi prima. Untuk jelasnya tips menghadapi psikotest bisa dilihat disini

  •  PT Altavindo – Accounting – Via Jobsdb

Lokasi di Menara Mulia Kuningan. Belajar dari pengalaman paitku di PT Bank Woori Saudara, aku jadi lebih waspada untuk menghadapi interview ini. Aku bertanya dengan jelas tentang kesiapan interview ini dari pihak recruiter. Aku dijadwalkan interview jam 10:00 langsung dengan usernya. Aku tiba disana jam 10:00 dan ternyata user baru dateng jam 11:00. Setelah itu aku masuk ke ruang interview di temani dengan satu staff lamanya yang akan resign. Interview kali ini benar-benar berbeda dengan sebelumnya, disini aku benar-benar ditanya mengenai pajak. Untunglah aku masih ingat beberapa materi perpajakan. Namun rupanya disini lebih ditekankan tanya jawab jurnal tentang perpajakan secara lisan jadi kita dituntut berpikir cepat. Ada pertanyaan yang bisa dengan mudah Aku jawab dan ada pula yang tidak mudah. Untunglah usernya staff lamanya tersebut baik sehingga bisa membenarkan jawabanku yang kurang tepat. Aku merasa ilmu ku masih kurang dan aku tidak berharap banyak dari test ini.
6
  •       PT Kinetix Strategix Solution – Accounting – Via Jobs db

Lokasi di Menara Anugrah Kuningan. Setibanya aku disini aku heran melihat kantornya yang sangat sepi dan cowo semua, seketika suasana jadi horror. Aku juga ragu mau masuk atau enggak, tapi terlanjur disini akhirnya aku tetap masuk. Bertemu dengan 2 orang yang menginterview ku. Ini hanya interview ringan saja. Tentang pengalaman organisasiku yang paling buat mereka tertarik, lalu bertanya seputar materi kuliah. Secara teori aku bagus hanya praktek saja aku belum pernah karena memang sebelumnya aku belum pernah magang kerja dan lebih banyak menghandle event-event. Akhirnya mereka memintaku untuk menjawab apakah siap atau tidak jika disni. Tapi dalam otakku timbul seribu pemikiran diantaranya lokasi kerja yang jauh, lingkungan yang kurang nyaman, tidak ada staff keuangan lagi, dll. Aku menunjukan keraguanku dan akhirnya mereka memberi aku waktu untuk menjawabnya, aku hanya memikirkan kembali di rumah dan berdoa pada Allah SWT agar aku diberikan yang terbaik. Ternyata jalan yang diberikan oleh Allah SWT adalah aku tidak ditempatkan di perusahaan ini. Aku tetap yakin akan ada yang lebih baik yang akan diberikan oleh Allah SWT didepan sana. SEMANGAT!!
7
  •       BPR Perdana – Accounting – Via Jobfair

Lokasi di Depok. Panggilan interview ini sangat mendadak karena aku di telepon jam 11:30 dan disuruh datang jam 14:00. Akhirnya langsung Aku siap-siap beli rok bahan untuk persiapan test ini. Setibanya disana aku kembali menunggu, HRD datang dan memberi penjelasan tentang ketentuan perusahaan dan salah satu yang memberatkan ku adalah penahanan ijazah!! Kenapa harus tahan ijazah sih? Padahal kan itu sudah tidak zaman lagi. Namun karena sudah terlanjur tiba aku dan pelamar yang lain dijadwalkan untuk mengikuti test yang cukup panjang diantaranya Test Potensi Akademik, Test Accounting dan Group Discussion. Ini adalah system gugur, aku lolos untuk kesemua test dan lanjut ke test computer, dan interview user. Aku sudah berhasil lolos di semua tahap itu dan yang terakhir adalah interview dengan direksi. Aku menghadapi interview terakhir ini dengan santai dan direksi utama pu sangat kebapakan pembawaannya. Aku merasa yakin kali ini akan lolos, namun masih saja dalam hatiku ragu karena syaratnya ada penahanan ijazah, jadi bimbang banget. Aku kembali berdoa pada Allah untuk diberikan yang terbaik. Dua minggu telah berlalu dan tidak ada kabar. Aku menyadari bahwa kali ini pun aku gagal lagi.
8
  •       PT MDPU Finance - Auditor- Via Jobsdb

Selepas kegagalanku yang terjadi berkali-kali aku sempet ngerasa pesimis dan hampir putus asa, rasa sedih dan bimbang terus aja datang. Untunglah aku punya mama yang selalu menyemangati dan memberi ku keyakinan untuk tetap sabar dan tidak menyerah. Maka hari ini aku kembali datang ke lokasi tanah abang. Aku kembali naik kereta dan tukang bajaj mengantarku tiba sampai tujuan. Awalnya ada sekitar 3 orang pria disana dan kami disuruh untuk psikotest. Namun adalagi yang membuat ku merasa menjadi ragu karena disini pun ada syarat lagi lagi dan lagi yaitu penahanan ijazah dan yang lebih parah lagi adalah harus membayar sejumlah uang bila keluar sebelum waktunya. Ada yang ga beres nih dengan syaratnya. Dalam pengerjaan soal pun aku setengah hati. Setelah itu ketika dipanggil untuk interview user harus menunjukan ijazah asli. Untunglah ijazah ku belum keluar dan inilah yang membuat ku selamat. Aku sadar bahwa ini adalah cara Allah SWT untuk menyelamatkan aku kembali dari pilihan yang salah. Aku tetap bersyukur dengan apa yang terjadi ini.
9
  •       PT Guna Sena Putera Sejahtera – Accounting – Via Saudara

Aku mendapatkan informasi dari Pakde ku mengenai informasi kerjaan ini dimana pamanku adalah teman dari pemilik perusahaan. Lokasi yang sangat dekat dari rumah ku membuat ku sangat semangat untuk mengikuti test ini karena memang aku sangat menginginkan kerja ditempat yang tidak terlalu jauh dengan rumah. Setibanya disana bertemu langsung dari HRD tapi ternyata aku datang kesiangan (karena aku kira hanya sekedar interview biasa dan tidak ada test)  jadi untuk test tidak bisa dilakukan hari itu juga. Aku diberikan jadwal baru untuk test. Tiba harinya test aku melalui beberapa tahapan diantaranya adalah psikotest dan computer dimana system gugur berlaku untuk setiap tahapannya. Aku berhasil lolos dari psikotest dan computer. Selanjutnya adalah test interview dengan kepala bagian. Karena aku melamar dibagian accounting maka aku dijadwalkan lain waktu untuk interview dan akan segera diberikan kabar. Namun sudah lebih dari 3 minggu tidak ada kabar juga. Aku merasa sangat kecewa dengan HRD dan perusahaan ini karena test yang diadakan kemarin seperti hanya main-main dan tidak ada kabar apapun. Aku jadi tidak yakin kalau accounting benar-benar dibutuhkan saat ini.
Dari sekian banyak hal yang aku alami maka aku mulai intropeksi diri apa yang menyebabkan ini semua terjadi. Satu hal yang sangat aku yakini adalah Allah SWT tidak akan pernah menguji umatnya diluar kemampuannya, jika sampai saat ini belum ada hasil, itu membuatku semakin terpacu dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Mulai saat itu aku rajin untuk sholat tahajud, sholat duha dan sedekah dengan terus berikhtiar di jalan Allah SWT.

  •       PT Patroon Arsindo – Accounting – Via JobsDB

Interview dan test selanjutnya berada di kawasan Cibubur. Dekat sekali dengan rumahku yang dulu berada di Kranggan Permai. Pada hari itu ada aku dan satu orang permepuan bernama Evy (nama samaran hehe) yang juga ikutan test. Dia memiliki pengalaman kerja dan senpat magang di Kantor Akuntan Publik. Manajer keuangan yang ramah datang membawakan test soal akuntansi digabung dengan pajak final dan PPN. Perusahaan ini bergerak di bidang perencanaan arsitektur. Makanya saat aku melihat soalnya agak sedikit bingung dengan pengakuan pajaknya. Namun berbekal kursus Brevet yang pernah aku ikuti aku mulai bisa tahu bagaimana bentuk jurnalnya. Evy sudah selesai mengerjakannya dan dia terlihat sangat percaya diri, sementara aku masih ngotak-ngatik supaya balance. Maka Evy duluan yang interview dengan Dirut. Sehabis Evy barulah tiba giliranku yang sedikit deg-degan dengan hasil jawabanku. Aku tidak banyak berharap. Saat interview dengan Dirut beliau menjelaskan bagaimana jika kerja diperusahaan ini, berserta fasilitasnya, dan beliau juga berpesan untuk jangan berkecil hati jika tidak diterima di perusahaan ini karena hanya yang terbaiklah yang dipilih dan mereka akan terus mengadakan seleksi. Aku menyerahkan sepenuhnya pada Yang Maha Kuasa.
1
  •       PT Asa Foodenesia Abadi – Account Receivable – Via Email

Test dan interview yang selanjutnya berada di kawasan Sentul. Dan lagi lagi ini tidak jauh dari rumahku. Aku dijadwalkan datang untuk interview awal bersama HRD dan user. Saat interview awal HRD dan user menanyakan tentang aktivitasku dan segala sesuatu tentang proses Accout Receivable. Aku mampu menjelaskannya dengan sangat baik dan mereka pun tertarik untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu psikotest dan test accounting dan pajak. Aku lolos pada tahap psikotest dan lanjut pada test accounting dan pajak. Sesudah itu nanti akan diberi kabar paling lama sekitar dua minggu. Dua minggu lebih sudah berlalu namun belum juga ada kabar. Aku menyimpulkan aku tidak berjodoh dengan perusahaan ini.

Aku semakin rajin untuk sholat Duha dan Tahajud diiringi dengan sedekah. Keluarga ku benar-benar tahu bagaimana kerasnya perjuanganku. Dimulai dari nekat pergi ke Jakarta sendiri, di PHP-in beberapa kali dan pengalaman gagal berkai-kali yang ngebuat jatuh bangun hiks hiks..

Daaan.... hari itu, tepatnya tanggal 10 Desember pukul 11:00 WIB mendapat panggilan interview lanjutan dari PT Patroon Arsindo untuk tanggal 20 Desember  jam 10:00 WIB.

Aku datang untuk interview lanjutan dengan 2 petinggi perusahaan dan 1 manajer keuangan. Setelah itu mereka akan mengabarkan keesokan harinya jika lolos dan jika tidak ada kabar berarti gagal. Setelah interview itu aku benar-benar berdoa tiada henti berharap Allah menjabah doaku kali ini. Keesokan harinya jam terus berlalu namun masih belum ada kabar apapun yang aku dapatkan. Sehabis aku sholat dzuhur aku mendapatkan telepon yang menyatakan bahwa aku berhasil diterima. Sujud syukur dan rasa haru menyelimutiku. Aku langsung memberi kabar yang baik ini ke keluargaku. Aku bersyukur banget karena impianku untuk kerja menjadi akuntan, lokasi yang dekat dan gaji yang diharapkan dapat tercapai. Aku mulai masuk kerja tanggal 4 Januari 2016. Kebahagiaan ini aku sambut dengan memanjatkan rasa syukur pada Allah SWT.


Aku menyadari hikmah dibalik semua ini adalah jika kita yakin akan kuasa Allah SWT, tidak pernah menyerah untuk berusaha, selalu mendekatkan diri di jalan Allah SWT maka Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk menjabah doa kita dari banyaknya pilihan yang ada. Dan keajaiban yang benar-benar aku rasakan adalah ternyata kekuatan dari sholat Duha itu nyata adanya. Sholat Duha yang selama ini aku jalani benar-benar membuka pintu rezeki untukku dari arah yang tidak pernah aku duga-duga.

Semangat untuk para job seeker semoga segera bertemu dengan jodoh perusahaannya. Aamiin.

1 komentar: